Image

Profil Sekretariat DPRD Kabupaten Mojokerto

Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 10 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mojokerto :

- Sekretariat DPRD merupakan unsur pelayanan terhadap DPRD.

- Sekretariat DPRD dipimpin oleh Sekretaris Dewan yang secara teknis operasional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

- Sekretariat DPRD mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

- Sekretariat DPRD dalam melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud di atas, menyelenggarakan fungsi :

    * Penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD;

    * Penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD;

    * Penyelenggaraan rapat-rapat DPRD;

    * Penyediaan dan pengoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.

- Dalam melaksanakan tugas, Sekretaris DPRD, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian menerapkan prinsip-prinsip koordinasi, integrasi, simplifikasi dan sinkronisasi baik dalam lingkungan Sekretariat DPRD maupun pihak lain.

- Setiap pimpinan di lingkungan Sekretariat DPRD bertanggung jawab memimpin dan mengoordinasikan bawahan masing-masing dan memberikan bimbingan serta petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas.

- Setiap pimpinan di lingkungan Sekretariat DPRD bertanggung jawab secara berjenjang.

- Sekretaris DPRD diangkat dan diberhentikan oleh Bupati atas persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dari Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

VISI DAN MISI

Visi  >>  Terwujudnya Pelayanan Prima pada Peningkatan Kinerja Anggota DPRD menunjang Kesejahteraan, Kemakmuran, Demokratisasi dan Keadilan Masyarakat Kabupaten Mojokerto

Untuk dapat menangkap makna dan arti dan visi tersebut, maka diberikan penjelasan sebagai berikut:

1. Membangun kebersamaan dan kerjasama dalam komitmen bersama untuk meningkatkan peran Sekretariat DPRD sebagaimana amanat Undang – undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, yakni menjadi lembaga yang mampu memberikan pelayanan prima terhadap peningkatan kinerja DPRD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

2. Pelayanan Prima yang harus diberikan berupa peningkatan kualitas sumber daya manusia yang profesional, penyediaan sarana dan prasarana yang fungsional serta sistem administrasi dan mekanisme kerja yang tertib dan modern sehingga memungkinkan DPRD dapat bekerja secara optimal melaksanakan tugas dan fungsinya.

3. Membangun hubungan yang harmonis dan sinergi antara Sekretariat DPRD, Pemerintah Daerah dan DPRD serta stake holders.

 

Misi  >>  Dalam rangka mewujudkan visi, maka ditetapkan misi yang diemban Sekretariat DPRD Kabupaten Mojokerto sebagai berikut :

1. Mewujudkan dukungan sumber daya manusia yang profesional dan berkopetensi dalam memberikan pelayanan prima kepada DPRD.

2. Mewujudkan dukungan sarana dan prasarana yang lengkap dan fungsional bagi peningkatan kinerja DPRD.

3. Mewujudkan dukungan sistem administrasi yang tertib dalam melaksanakan tugas dan fungsi DPRD.

4. Mewujudkan peningkatan kapasitas lembaga perwakilan rakyat daerah yang kapabel

Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi

Dalam kedudukannya sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Mojokerto, Sekretariat DPRD mempunyai tugas pokok dan fungsi organik dengan tata kerja sebagai berikut :

1. Sekretaris DPRD

Sekretriat DPRD dipimpin oleh seorang Sekretaris DPRD, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada DPRD dan secara administrative dibina oleh Sekreatris Daerah, Sekrertaris DPRD mempunyai tugas memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan seluruh kegiatan Sekretariat DPRD. Sedangkan masing-masing Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris DPRD.

2. Bagian Umum

Bagian Umum, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Sekretaris DPRD meliputi tata usaha, perlengkapan, dokumentasi dan perpustakaan serta protokol, kominikasi dan publikasi. Dalam melaksanakan tugas, Bagian umum mempunyai fungsi :

a. Pelaksanaan urusan umum dan rumah tangga, tata usaha, protokol, perjalanan dinas dan keamanan Sekreatriat DPRD;

b. Pengelolaan dokumentasi, bahan informasi dan perpustakaan DPRD;

c. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan ;

d. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretais Dewan.

e. Bagian umum terdiri dari :

    >> Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas :

        - Melaksanakan urusan tata usaha dan administrasi kepegawaian di lingkungan Sekretariat DPRD;

        - Menyiapkan perjalanan dinas pimpinan dan anggota DPRD;

        - Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan;

        - Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bagian umum.

    >> Sub Bagian Perlengkapan, dokumentasi dan perpustakaan mempunyai tugas :

        - Melaksanakan urusan rumah tangga dan pemeliharaan gedung  Sekretariat DPRD;

        - Mengurus kendaraan dinas dan barang-barang daerah di lingkungan Sekretarat DPRD;

        - Menyusun dokumentasi hasil kegiatan DPRD ;

        - Menghimpun aspirasi dari masyarakat sebagai bahan pertimbangan kebijakan pimpinan DPRD;

        - Menyelenggarakan pengelolaan perpustakaan di lingkungan Sekretariat DPRD;

        - Melayani peminjaman buku-buku koleksi perpustakaan serta mengadakan dan memelihara daftar buku perpustakaan;

        - Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan;

        - Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bagian umum.

    >> Sub Bagian Protokol,  Komunikasi dan Publikasi, mempunyai tugas :

        - Menyelenggarakan keprotokolan DPRD;

        - Menyiapkan dan menyusun informasi / bahan publikasi hasil kegiatan DPRD;

        - Menyelenggarakan pemeliharaan keamanan lingkungan Sekretariat   DPRD ;

        - Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan;

        - Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bagian umum.

3. Bagian Keuangan

Bagian Keungan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Sekretariat DPRD meliputi perbendaharaan dan anggaran dalam melaksakan tugas bagian Keuangan mempunyai fungsi :

a. Penyusunan rancangan, pengelolaan dan perhitungan anggaran  perubahan anggaran Sekretariat serta kegiatan DPRD;

b. Pelaksanaan administrasi keuangan dan perjalanan dinas pimpinan, anggota DPRD dan Sekretariat DPRD;

c. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan ;

d. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris Dewan.

e. Bagian Keuangan terdiri dari :

    >> Sub Bagian Perbendaharaan mempunyai tugas :

        - Menyiapkan administrasi dan melakukan pembayaran penghasilan dan perjalanan dinas pimpinan dan anggota DPRD;

        - Menyiapkan administrasi dan melakukan pembayaran gaji dan tunjangan serta perjalanan dinas Sekretaris DPRD;

        - Melaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan;

        - Melaksanakan tugas - tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan.

    >> Sub. Bagian Anggaran mempunyai tugas :

        - Menyusun dan menyiapkan rancangan anggaran dan perubahan anggaran Sekretariat Dewan dan Anggaran DPRD;

        - Menyusun dan menyiapkan rancangan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) Sekretariat Dewan dan RKA Anggaran DPRD;

        - Melaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan;

        - Melaksanakan tugas - tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Keuangan.

4. Bagian Persidangan dan Perundang – undangan

Bagian Persidangan dan Perundang-undangan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Sekretariat DPRD meliputi persidangan dan perundang-undangan, dalam melaksanakan tugas Bagian Persidangan dan Perundang-undangan mempunyai fungsi:

a. Penyiapan penyelenggaraan dan penyusunan risalah rapat paripurna dan rapat – rapat DPRD;

b. Pengelolaan dokumentasi hukum dan produk-produk hukum lainnya bagi pimpinan dan anggota DPRD;

c. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan;

d. Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD.

e. Bagian Persidangan dan Perundang-undangan terdiri dari :

    >> Sub. Bagian Persidangan mempunyai tugas :

        - Mengumpulkan dan mengolah bahan penyusunan risalah sidang paripurna dan rapat DPRD;

        - Menyiapkan jadwal kegiatan rapat paripurna, rapat – rapat DPRD, kunjungan pimpinan dan anggota DPRD;

        - Menyiapkan bahan rapat paripurna, rapat – rapat DPRD dan kunjungan serta melakukan penggandaan dan pendistribusian bahan;

        - Malaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan;

        - Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala bagian Persidangan dan Perundang-undangan;

    >> Sub. Bagian Perundang – undangan  mempunyai tugas :

        - Mengumpulkan dan mengolah bahan perundang-undangan dan produk hukum lainnya;

        - Menyiapkan dan menyusun produk hukum DPRD;

        - Malaksanakan dokumentasi produk hukum DPRD;

        - Melaksanakan fasilitasi perundang-undangan dan produk hukum lainnya;

        - Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan;

        - Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Persidangan dan Perundang – undangan.